Latest Post
Home » , , , » Cara Menambahkan Sitemap Blogspot di Google Webmaster

Cara Menambahkan Sitemap Blogspot di Google Webmaster

Written By Unknown on Thursday 5 March 2015 | 5:06 pm

Agar karir Anda sukses dalam blogging, maka Anda harus bisa memiliki pengunjung-pengunjung asli ke blog Anda. Maksud dari pengunjung-pengunjung asli adalah pengunjung-pengunjung blog Anda yang didapatkan dari hasil pencarian di Google. Kalau Anda adalah blogger pemula, maka sangat disarankan Anda harus mengenal yang namanya Google Webmaster Tools. Google Webmaster Tools adalah sebuah aplikasi buatan Google sendiri. Aplikasi ini sangat membantu para blogger dan pembuat website agar blog atau website mereka dapat ditampilkan di Google sehingga sangat membantu menaikkan trafik blog atau website mereka.

Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memverifikasikan kepemilikan blog Anda di Google Webmaster Tools dan mengirimkan peta situs Anda atau yang biasanya dikenal dengan sebutan Sitemap. Mengirimkan peta situs Anda di Google Webmaster Tools sangatlah penting karena petas situs akan memudahkan Google dalam hal SEO blog Anda. Saat Anda mengupdate konten blog Anda, peta situs yang Anda kirimkan ke Google Webmaster akan membantu konten-konten yang baru Anda buat langsung terindeks di Google, sehingga apabila ada orang yang ingin mencari sesuatu yang berhubungan dengan konten Anda, mereka bisa mendapatkannya di Google dan membuka blog Anda. Nah, sekarang langsung saja saya jelaskan bagaimana menambahkan/mengirimkan peta situs blog ke Google Webmaster Tools.

Berikut ini adalah cara yang mudah untuk mengirimkan peta situs blog Anda ke Google Webmaster Tools:
  • Login ke Google Webmaster Tools
  • Jika muncul tampilan seperti di bawah ini, klik tombol yang ditandai warna merah
  • Kalau Anda sebelumya belum pernah menambahkan situs Anda klik Tambahkan Situs, tapi kalau Anda sudah pernah menambahkan situs Anda, silahkan klik situs Anda tersebut.
  • Kalau sudah masuk dasbor situs Anda, silahkan klik bagian Peta Situs atau Sitemap
  • Di bagian pojok kanan atas, silahkan klik tombol Tambahkan/Uji Peta Situs

  • Lalu masukkan kode berikut atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 lalu klik tombol Mengirim Peta Situs dan refresh halaman tersebut

Catatan: Kode di atas digunakan apabila blog Anda memiliki konten/postingan di bawah 500 post. Kalau sudah di atas 500, silahkan ubah kode di atas menjadi atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Peta situs yang kita kirim ke Google Webmaster Tools tersebut adalah peta situs XML yang digunakan Google untuk memudahkan Google dalam mencari konten/postingan terbaru di blog Anda, sehingga blog Anda atau konten Anda akan cepat diindeks di Google. Mudah-mudahan dengan menambahkan peta situs di Google Webmaster Tools, para pembaca lebih mudah menemukan konten Anda.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih ya sobat, kalian sudah mampir ke blog kecil saya ini. Kritik dan saran kalian sangat membantu saya dalam membangun Ifan's Web ini agar menjadi blog yang jauh lebih baik dalam menyajikan informasi-informasi. Mudah-mudahan apa yang saya berikan selama ini bisa bermanfaat untuk kalian ya sobat, Aamiin.