Latest Post
Home » , , , » Snack Pocky Halal atau Haram?

Snack Pocky Halal atau Haram?

Written By Anonymous on Wednesday 18 March 2015 | 4:39 pm


Assalamu'alaikum sobat Ifan. Barusan saya cek di fanspage Halal in Japan ternyata dikonfirmasikan langsung ke produsennya bahwa makanan ringan berbentuk stik yang berlapis manis di 3/4 bagiannya, mengandung bahan emulsi dari hewan seperti babi dan hewan lainnya. Alhamdulillahnya saya belum pernah nyoba snack satu ini hehe. Buat sobat muslim, hati-hati yaa dalam membeli makanan, walaupun terlihat sepele, belilah makanan yang berlabel "Halal". Pernah saya mendengar ceramah bahwasannya makanan yang kita makan akan mempengaruhi sikap kita dalam menjalani kehidupan. Kalau makanan yang kita makan halal, inshaaAllah hidup kita terasa nikmat dan tenang, terutama dalam menyikapi berbagai macam persoalan hidup, tetapi apabila makanan yang kita makan itu haram, naudzubillah, hidup kita tidak akan terasa nikmat, cenderung bersikap seperti syaiton, dalam menghadapi masalah selalu tidak tenang dan lain-lain.

Berikut adalah tulisan yang dimuat dalam fanspage Halal in Japan:

Assalamualaykum 

For the quick review.. Many people interested to buy Pocky from Japan for souvenir, even Japanese itself, loves pocky very much. Unfortunately, Pocky (ポッキ)ー The Japanese snack food produced by Ezaki Glico which first sold in 1966 and consists of chocolate-coated biscuit sticks is HARAM (for now) 

We confirmed by phone directly to the company (17/03/2015) about the emulsifier they used and the answer were they used animal based emulsifier and animal shortening (lard, etc) which is derived from Pig and other animals. Please be careful and share this with your friend. 

And when you see pocky in your home country, please make sure to check did they secure the halal certification or not. 

Keep it Halal


Nah, ada kabar bahwasannya Pocky yang di jual di Indonesia adalah impor dari Thailand, yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI Thailand. Berikut adalah gambar sertifikat tersebut,


Kalau menurut saya, walaupun ada sertifikat halal dari MUI Thailand, sebagai muslim kita juga harus tetap berhati-hati karena MUI Indonesia sendiri belum memberikan sertifikat halal pada Pocky. Kita kan tinggal di Indonesia, ya masa harus mengikuti MUI Thailand dan kita sendiri kan belum tahu MUI Thailand itu seperti apa. Kalau ragu, lebih baik dihindarkan ya sobat.

Bagi kalian pengguna Telkomsel, kalian bisa cek suatu produk halal atau tidak, dengan cara ketik Halal (spasi) Produk kirim ke 9855 dengan tarif Rp 550,- Di komentar postingan fanspage Halal in Japan ada yang sudah mengirim pesan tersebut dan balasannya mengatakan bahwa Pocky belum terdaftar halal di MUI Indonesia. Berikut screenshot-nya



Oke sobat, jadi sekali lagi saya ingatkan untuk mulai berhati-hati dalam memilih makanan, baik itu makanan ringan maupun makanan lainnya yaa! Sampai jumpa lagi di Ifan's Web. Wassalamu'alaikum.

2 comments:

  1. alhamdulillah
    akhirnya bisa mengecek produk halal
    terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
  2. Sekadar perbaikan aja, MUI itu Majelis Ulama Indonesia jadi ga ada yang namanya MUI Thailand wkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih ya sobat, kalian sudah mampir ke blog kecil saya ini. Kritik dan saran kalian sangat membantu saya dalam membangun Ifan's Web ini agar menjadi blog yang jauh lebih baik dalam menyajikan informasi-informasi. Mudah-mudahan apa yang saya berikan selama ini bisa bermanfaat untuk kalian ya sobat, Aamiin.