Latest Post
Home » , , » Cara Membuat Scientific Calculator dengan Bahasa Pemrograman "Javascript"

Cara Membuat Scientific Calculator dengan Bahasa Pemrograman "Javascript"

Written By Unknown on Monday 22 April 2013 | 4:15 pm

Assalamu'alaikum -- Halo sahabat Ifan Faizal's Web. Kembali lagi dengan saya yang kali ini akan berbicara tentang pemrograman Javascript. Di sini saya akan share cara membuat scientific calculator dengan bahasa pemrograman "javascript" yang tujuannya membantu sobat sekalian yang ingin belajar javascript dan terutama membantu sobat-sobat yang sudah mahasiswa di jurusan IT yang ingin skripsi, mungkin tutorial yang saya berikan ini dapat membantu hehe.

Apa sih Scientific Calculator itu?

Scientific Calculator adalah sebuah program perhitungan yang tidak hanya menyediakan pilihan penjumlahan, pengurangan maupun pembagian saja akan tetapi ada fungsi-fungsi lain seperti mencari nilai Tan, Sin, Cos, Eksponen, Kuadrat, dll. Untuk itu kita akan mencoba membuat programnya dengan menggunakan kode-kode javascript.

Bagaimana cara membuatnya menggunakan Javascript?

Tanpa panjang lebar, yuk langsung aja dibuka program Notepad++ kalau belum punya silahkan download dulu DISINI Kalau udah dibuka, langsung aja nih tulis kode di bawah ini,



Kode diatas diletakkan pada tag ….., Silahkan di fahami fungsi-fungsi kodenya. Pada function addChar(input, character) {…} kita membuat fungsi yang akan digunakan untuk memproses input dari form kalkulator nantinya. Pada fungsi kedua yaitu function cos(form), fungsi ini digunakan untuk memproses nilai yang berupa Cosinus(Cos). Untuk fungsi-fungsi lainya silahkan lebih di fahami sendiri.
Lalu kita buat lagi kode selanjutnya yang digunakan untuk menampilkan form input kalkulator seperti berikut:


Tidak begitu rumit kan? Karena pada intinya kode diatas dibuat untuk menampilkan bentuk Calculator dengan menggunakan tag-tag HTML. Untuk melihat Demo Scientific calculator yang telah saya buat jadi, silahkan klik DISINI . Bagaimana? Menarik bukan apabila dipasang pada blog-blog sobat sekalian. Selamat mencoba ya sobat Ifan Faizal's Web ^_^  -- Wassalamu'alaikum.

2 comments:

Terima kasih ya sobat, kalian sudah mampir ke blog kecil saya ini. Kritik dan saran kalian sangat membantu saya dalam membangun Ifan's Web ini agar menjadi blog yang jauh lebih baik dalam menyajikan informasi-informasi. Mudah-mudahan apa yang saya berikan selama ini bisa bermanfaat untuk kalian ya sobat, Aamiin.