Latest Post
Home » » Cara Menaruh Script CSS Anti Copy Paste di Blog Sendiri

Cara Menaruh Script CSS Anti Copy Paste di Blog Sendiri

Written By Unknown on Tuesday 8 January 2013 | 8:33 pm

Assalamu'alaikum. Halo sahabat Ifan. Di malam ini, saya tidak share program dulu. Kali ini, saya akan share ilmu yang telah saya pelajari, yaitu menaruh script CSS anti copy paste di blog sahabat. Karena kita tahu, akhir-akhir ini, marak sekali yang namanya copas alias copy paste di dunia internet. Itu menandakan betapa malasnya si copas-er tersebut. Untuk menghindari hal-hal semacam itu, ada baiknya kita taruh script CSS ini agar blog kita aman dari tangan-tangan copas. Namun sebelumnya, apakah kalian sudah tahu CSS itu apa? Kalau belum tahu akan saya jelaskan. Yuk simak penjelasan saya ini :)

Apa itu CSS?

p.anticopy {
display:block;
-moz-user-select: none;
-khtml-user-select: none;
-o-user-select:none;
user-select: none;
unselectable: on; }
Analisanya , moz kepanjangan dari kode mozila, khtml diadopsi dari safari dan o-user dari opera browser atau apa ya? dan value 'none' sudah tentu merupakan cara untuk menonaktifkan suatu fungsi CSS. Selanjutnya dengan menggunakan teknologi katronisasi maka CSS diatas saya coba sederhanakan dengan memasukan css tersebut ke dalam post-body style  untuk menghemat sedikit space load.

display:block;-khtml-user-select: none; -moz-user-select: none;-o-user-select: none;user-select: none;unselectable:on;

Cara Pemasangan!

Cara Memasang Script CSS Anti Copy Paste ke dalam blog adalah sebagai berikut,

1. Edit HTML Template --- Login ke Blogger --> Klik Design/Rancangan lalu klik 'EDIT HTML' Expand Template Widget, tidak perlu anda checkmark.

2. Menambahkan CSS pada CSS HTML Template,
Cari kode berikut ini
]]>
kalau sudah silahkan hapus, dan ganti kode di atas dengan kode berikut ini,
 .post-body {display:block;
-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-o-user-select:none;
user-select:none;unselectable:on;
}
]]>
3. Sudah? Klik tombol 'Save' atau tombol 'Simpan' ^_^

Kesimpulan

Dengan mengusung judul CSS maka script ini bukanlah jenis javascript dan apabila kalian bertanya apa bedanya dengan 'script anti click kanan' pada javascript, jawabannya antara lain adalah

  • CSS jauh lebih ringan dalam urusan loading page dibandingkan Javascript
  • Keamanan lebih bagus dengan CSS karena untuk melumpuhkan fungsi anti klik kanan javascript bisa dengan menggunakan keyboard shortcut atau dengan cukup 'tiga click' pada menu tertentu di browser kalian.
Langsung di coba saja ya sahabat :) Mudah-mudahan bermanfaat ^.^

1 comments:

  1. sudah di coba gan dan berhasil..
    terima kasih atas share ilmunya

    ReplyDelete

Terima kasih ya sobat, kalian sudah mampir ke blog kecil saya ini. Kritik dan saran kalian sangat membantu saya dalam membangun Ifan's Web ini agar menjadi blog yang jauh lebih baik dalam menyajikan informasi-informasi. Mudah-mudahan apa yang saya berikan selama ini bisa bermanfaat untuk kalian ya sobat, Aamiin.